8.1 INSTALL DAN KONFIGURASI HTTPD (APACHE) SERVER CENTOS 7

8.1 INSTALL DAN KONFIGURASI HTTPD(APACHE) SERVER CENTOS 7

 Hai semuaa, kembali lagi dengan saya ervan fatha, kali ini saya akan berbagi sedikit ilmu yang berhubungan dengan web server, dan disini saya menggunakan Centos 7.

Sebelum masuk ke materinya apa sih web server itu???????
Server atau Web server adalah sebuah software yang memberikan layanan berbasis data dan berfungsi menerima permintaan dari HTTP atau HTTPS pada klien yang dikenal dan biasanya kita kenal dengan nama web browser (Mozilla Firefox, Google Chrome) dan untuk mengirimkan kembali yang hasilnya dalam bentuk beberapa halaman web dan pada umumnya akan berbentuk dokumen HTML.

jadi, web server ini dapat kita artikan sebagai penyedia web yang akan diakses oleh client.
Dan kita langsung saja ke tutorialnya yaa..

sebelumnya saya sudah melakukan konfigurasi BIND terlebih dahulu ya. yuk simak aja tutorialnya...

 dibawah ini ada table ip nya.

1. Menginstall HTTPD
Pertama, lakukan instalasi httpd, dan cara untuk menginstallnya bisa dilihat dibawah ini dengan perintah ini.



Tunggu hingga proses instalasi selesai yak, dan jika sudah selesai akan terlihat seperti gambar dibawah ini nih. 



2. Lalu kita Konfigurasi httpd.conf

tahap ini kita melakukan konfigurasi httpd.conf, didalam file ini kita harus melakukan konfigurasi lainnya seperti server admin,directory, dll. untuk melakukan konfigurasi tersebut kita gunakan perintah dibawah ini.

 

 
* Lalu disini kita konfigurasi ServerAdmin.ini masih di file httpd.conf lakukan konfigurasi bagian server adminnya bagian ini isi dengan nama domain yang kalian gunakan disini saya gunakan ServerAdmin admin@ervan.net


* Lalu kita konfigurasi Directory nya kita mengaktifkan directory nya yang defaultnya itu allowoverride none jadi kita rubah menjadi All.



* Kemudian konfigurasi Directory Indexnya, pada default nya web server httpd hanya bisa membaca file.html saja dan karena pada materi selanjutnya saya akan menjalankan cgi dan php maka saya tambahkan seperti gambar dibawah ini.


 
* Selanjutnya masih di file httpd.conf, kita konfigurasi server name nya kita ganti server namenya (sebelumnya  #servername www.example.com:80) seperti gambar dibawah ini.



3. Selanjutnya menambahkan service pada firewall, untuk menambahkan service pada firewall bisa menggunakan perintah dibawah ini.




 4. Kemudian kita coba mengakses web nya. kita coba mengakses webnya maka hasilnya akan seperti dibawah ini, dibawah ini tampilan httpd/apache, maka kita dapat lakukan konfigurasi untuk tampilan webnya. kita ketik www.ervan.net




 5. Kemudian, membuat file index.html berfungsi untuk menambahkan tampilan web yang sudah dibuat tadi, dengan cara menambahkan file index.html di "/var/www/html/".



 * menambahkan script html kedalam file index.html, disini kita atur tampilan web nya sesuka kalian setelah itu di save.




6. Oke sekarang kita akses web nya. 



Alhamdulillah berhasil...!!

sekian blog saya kali ini, semoga bermanfaat untuk kita semua.
tunggu postingan selanjutnya ya.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

8.16 Konfigurasi https Pada Nginx

macam macam konektor pada psu dan kode warna kabel pada psu

Tutorial Konfigurasi Trixbox Dan Mengakses pada client