8.8 Konfigurasi Log Analyzer Pada Apache Web Server


Assalamualaikum Wr Wb, 

Hai semua, kali ini saya ingin melanjutkan materi Apache Web Server yaitu materi konfigurasi Log Analyzer pada Apache Web Server.

Apa sih Log Analyzer ???

Log Analyzer adalah suatu fitur yang digunakan untuk menampilkan log yang ada pada suatu Web. Log tersebut berisi data seperti, Jumlah pengunjung, Jumlah halaman web, Jumlah page yang paling sering dikunjungi, dan lain sebagainya. log analyzer ini bisa dikatakan seperti statistik halaman web.

Nah dilab ini saya masih menggunakan server yaitu Centos 7 dan clientnya yaitu windows 8. ip server : 172.16.11.25/24 sedangkan ip client :172.16.11.125

Oke langsung saja ya ke langkah-langkahny, simak dan perhatikan baik baik :


 1. langkah pertama, kita install wget terlebih dahulu, nah wget ini digunakan untuk menginstall package dari suatu web. tunggu proses install hingga selesai.
 

2. Kemudian, pastikan server centos kalian sudah terhubung ke internet, kemudian Download repository epel dengan menggunakan perintah wget. nah repository epel ini hanya tersedia di centos 64 bit,


3. Kemudian kita install repository epel yang sudah didownload tadi. dengan perintah dibawah ini.


4. Lalu kita install Awstats dengan perintah dibawah ini. tunggu hingga proses instalasi selesai.

 


 5.  Langkah selanjutnya kita ubah nama file konfigurasi awstats yang sebelumnya memakai nama hostname menjadi nama domain yang kalian gunakan di lab ini.


 6.  Selanjutnya, kita edit file konfigurasi awstats tersebut. site domain kita ganti menjadi nama domain kita.


 7. Kemudian, kita edit syntax  HostAliases nya menjadi seperti dibawah ini. Nah pada lab log analyzer ini menggunakan bahasa regex apa itu regex??? 
 
Regular Expression (REGEX) adalah konstruksi bahasa untuk mencocokkan teks berdasarkan pola tertentu, terutama untuk kasus-kasus kompleks. Contoh misalkan mencari teks berawalan karakter tertentu, memiliki jumlah perulangan dari suatu teks, dan lain sebagainya.


 8. Selanjutnya kita edit file awstats.conf yang berada di direktori /etc/httpd/conf.d/awstats.conf


   lalu kita cari syntax require dan tambahkan ip network kalian, agar ip yang berada di dalam network yang ditambahkan akan terbaca oleh log.


9. Setelah itu restart service httpdnya dengan perintah dibawah ini. 


10. Oke, Selanjutnya kita update konfigurasi file awstats.pl


11. Langkah terakhir kita buka web browser diclient, kemudian ketikkan nama domain kalian dan disertai dengan /awstats/awstats.pl



Dan akhirnya kita lihat hasilnya dari Log Analyzer nya, dan konfigurasinya sukses !!!

cukup sekian postingan dari saya, semoga bermanfaat...

Wassalamualaikum Wr Wb.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

8.16 Konfigurasi https Pada Nginx

macam macam konektor pada psu dan kode warna kabel pada psu

Tutorial Konfigurasi Trixbox Dan Mengakses pada client