tutorial dynamic routing ospf menggunakan cisco packet tracer






Haii saya ervan fatha, kembali lagi di blog saya dengan postingan terbaru saya kali ini saya ingin berbagi ilmu sedikit tentang tutorial dynamic routing ospf menggunakan cisco packet tracer.

pada postingan sebelumnya saya memabahas dynamic routing eigrp ,

Open Shortest Path First (OSPF) adalah sebuah protokol routing otomatis (Dynamic Routing) yang mampu menjaga, mengatur dan mendistribusikan informasi routing antar network mengikuti setiap perubahan jaringan secara dinamis.

tidak jauh berbeda dengan postingan saya sebelumnya Hanya pada OSPF ini menggunakan yang namanya Area .

oke langsung saja ke konfigurasinya yaa, disini saya menggunakan cisco packet tracer 
di bawah ini merupakan topologinya :


ip nya bisa disesuaikan berdasarkan keinginan anda, konfigurasi ip address nya terlebih dahulu ke semua router .

jika sudah selesai kita lanjut ke konfigurasi selanjutnya ya.

router 0 (ervanjakarta)


Disini saya mendaftarkan ip loopbacknya adalah 1.1.1.1 interface loopback ini bersifat Virtual, dan berfungsi kalau ada port yang down, maka interface loopback akan menggantikannya.

Perintah "Router ospf 10" adalah untuk masuk ke router ospf nya

Perintah "Network 10.10.10.0 0.0.0.3 area 0"
-"Network 10.10.10.0 " adalah network yang ingin di daftarkan 
-"area 0" adalah area nya 

lanjutkan konfigurasi ke router yang lainnya seperti pada router 0 daftarkan int loopbacknya dan masukkan ip address .

router 1 (ervanpapua)


router 2 (ervanmaluku)

router 3 (ervansurabaya)


router 4 (ervanjawatengah) 

jika konfigurasi semua router telah selesai kemudian lakukan proses verifikasi ,


show ip route 


SH IP OSPF NEIGHBOR


sh ip ospf neighbor adalah perintah untuk melakukan verifikasi Ip mana saja yang terhubung langsung ke Router, contoh pada gambar diatas, Saya melakukan verifikasi di router 3. 
dan terlihat, Ip yang terhubung langsung ke router


sh ip route  

Perintah sh ip route merupakan perintah untuk melihat Ip mana saja yang sudah didaftarkan/routing. 
sh ip ospf database


lakukan ping dari router ervanjakarta > 2.2.2.2 3.3.3.3 dan 4.4.4.4



pastikan proses pingnya sukses dengan sempurna ,

oke mungkin sekian tutor yang dapat saya bagikan pada postingan saya kali ini , apabila ada kesalahan mohon maaf ,sampaikan jika ada kritik saran yang membangun.
semoga bermanfaat ya

:D 






Komentar

Postingan populer dari blog ini

8.16 Konfigurasi https Pada Nginx

macam macam konektor pada psu dan kode warna kabel pada psu

Tutorial Konfigurasi Trixbox Dan Mengakses pada client