10.2 Konfigurasi Mail Client (Rainloop dan Geary)

Assalamualaikum Wr Wb,

Alhamdulillah di bulan ramadha ini saya dapat berbagi ilmu sedikit, nah pada kesempatan kali ini saya akan memposting materi mail client, sebelumnya saya sudah memposting tentang konfigurasi mail server pada centos7.

sebelum ke konfigurasinya, Apasih Mail Client itu??

 Mail client adalah software yang digunakan untuk mengirim dan menerima e-mail melalui komputer Anda tanpa browser. Cukup dengan menjalankan software e-mail client secara otomatis e-mail akan terdownload ke komputer Anda.

topologi :

 

kali ini saya menggunakan Rainloop dan Geary untuk mail client nya.......

Rainloop 

sebelum kita melakukan konfigurasi rainloop kita harus menginstall fitur rainloop nya terlebihi dahulu, karena rainloop ini berbasis web maka kita harus menginstall dan mengkonfigurasi web servenya menggunakan web server apache. selain itu rainloop juga menggunakan bahasa php maka dari itu kita harus menginstall php terlebih dahulu

1. Pertama, kita download file.zip rainloopnya terlebih dahulu. disini saya download menggunakan curl, selain curl juga bis menggunakan wget dan lainnya,

 

2. tunggu hingga proses instalasi selesai.



3. lalu kita download file .zip nya dengan perintah dibawah ini

4. setelah itu buat direktori rainloopnya dengan perintah dibawah ini
 
5. lalu kita extract file rainloop-lates.zip yang sebelumnya kita download kedalam directory rainloop yang telah dibuat, dengan perintah dibawah ini.
 
6. Tunggu sampai penginstallan selesai
 
7. kita extract file rainloop-latests.zip nya
 

8. Proses sedang berjalan tunggu sampai selesai.

9. jika sudah selesai selanjutnya, mengatur permission nya untuk setiap direktori yang ada di /var/www/html/rainlooop menjadi 755 dan 644. dengan perintah dibawah ini
 
10. kemudian, mengatur ownership direktori /var/www/html/rainloop 
 
11. kita atur security context nya secara recursive  terhadap directory /var/www/html/rainloop kemudian kita juga akan mengubah jenis direktori beserta isinya, jenisnya adalah tipe SElinux, caranya dengan mengetikkan perintah httpd_sys_rw_content_t yang berarti direktori yang dapat dibaca maupun ditulis yang digunakan oleh apache.
 
 
12. mengatur pula SElinux security context nya terhadap  /var/www/html/rainloop/data, namun sebelumnya kita install terlebih dahulu policycoreutils-python nya.
 
13. tunggu hingga proses instalasi selesai
 
14.atur SElinux security context dengan mengetikkan perintah seperti yang ditandai berwarna hijau dibawah ini.
15.Selanjutnya kita konfigurasi SELinux boolean nya supaya mengizinkan script HTTPD dan modul untuk terhubung ke jaringan.
 
Verifikasi
1. kita buka web browser dan ketikkan namadomain/rainloop/?admin. masukkan user admin dan password 12345 agar kita dapat mengkonfigurasi rainloop terkoneksi dengan mail server kita.
2. jika sudah berhasil login, klik domain > add domain
 
3.Pada kolom Name isikan nama root domain kalian, ini berfungsi untuk menyetujui jika si user login dengan menggunakan "nama user"@"domain". Pada bagian IMAP, isikan nama domain server mail kalian pada kolom Server. Dan lakukan hal yang sama dibagian SMTP, isikan pula nama domain server mail kalian di kolom Server, sedangkan untuk portnya biarkan saja seperti default. Dan jangan lupa juga berikan centang pada Use short login, ini digunakan agar si user mail dapat login ke rainloop hanya dengan menuliskan nama usernya, tanpa perlu menuliskan nama domainnya.
 
4.  Setelah itu kita pindah ke tab Login, lalu atur defaultnya menjadi root domain server mail kalian. Ini berfungsi jika ada user yang mau login ke rainloop, tetapi ia hanya menuliskan nama user tanpa diikuti nama domain yang ada dibelakangnya, itu sama saja dengan "nama user"@"domain", dan domain yang dimaksud adalah domain yang sudah diatur pada tahap ini
5. selanjutnya kita login menggunakan user caranya ketikkan namadomain/rainloop/ dan kita login menggunakan user dan password yang telah kita buat.  

 
6. Kita akan coba mengirim email dari user kamilah ke user fatha123 dengan mengetikkan new > atur penerimanya yaitu fatha123 > isikan subjek dan isi emailnya sesuai dengan kemauan kita > klik send.  


7. lalu kita sekarang login ke user fatha123, untuk melihat pesan email dari user ervan123
 
 8. jika sudah berhasil login kita buka inbox untuk melihat pesan yang dikirim oleh user ervan123 tadi 
 

Nah mail client menggunakan rainloop selesai dan berhasil.
GEARY 
Nah setelah saya nyoba menggunakan rainloop tadi, sekarang beralih ke geary, mail geary ini sudah ada di pc saya, jadi saya tidak memberikan tutorial instalasinya yaa, saya langsung ke konfigurasinya saja yuuk
 1. buka geary lalu akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini. Yang pertama kali kita lakukan adalah mengubah service nya menjadi other, kemudian isikan email address dan nama kita. Kemudian untuk server IMAP dan SMTP masukkan domain kita pada kolom server, untuk port dibiarkan secara default saja yaitu port 143 untuk IMAP dan 25 untuk SMTP, karena kita belum menggunakan SSL, masukkan user tanpa menggunakan @domain dan masukkan juga password nya.
 

2. Kemudian akan muncul pop-up warning seperti gambar dibawah ini yang mengatakan bahwa pengaturannya tidak secure / aman, ini karena kita belum menggunakan SSL. Maka ketik continue untuk melanjutkan.

3. Selanjutnya kita akan melakukan verifikasi dengan mengirimkan email dari user ervan123 ke user fatha123, dengan mengklik icon surat > isikan penerima (to) yaitu fatha123 > isikan subjek dan objek sesuai dengan kemauan kita > klik ctrl + enter untuk mengirim email.
 
4. Dan untuk memastikan apakah emailnya sudah terkirim atau belum maka kita akan login user fatha123 menggunakan rainloop.  
 
5.  Setelah itu klik tab inbox dan terlihat disini ada email masuk dari ervan fatha (user ervan123) dengan subjek dan isi yang sama, yang menandakan email berhasil di kirim dan di terima.
 
okee, cukup sekian postingan kali ini semoga bermanfaat 
Wassalamualaikum Wr Wb..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

8.16 Konfigurasi https Pada Nginx

macam macam konektor pada psu dan kode warna kabel pada psu

Tutorial Konfigurasi Trixbox Dan Mengakses pada client