10.3 Konfigurasi SSL Pada Mail Server


Assalamualaikum Wr Wb

Kali ini saya akan melanjutkan materi lanjutan dari mail server pada centos7 yaitu, konfigurasi ssl pada mail server .Jadi autentikasi Mail servernya akan menggunakan POP3S/IMAPS dan SMTPS.  

topologi yang saya gunakan:
 

 Konfigurasi server

 1. kita beralih terlebih dahulu ke directory /etc/pki/tls/certs/ karena disitulah letak file make yang berfungsi untuk membuat Certificied SSL. Dan pasti nanti kalian akan diminta password untuk file key tersebut, maka dari itu masukkan saja passwordnya yang kalian inginkan.

 

 2. Kemudian kita akan membuat file crt yang mudah, maka ketikkan perintah openssl rsa -in mail.key -out mail.key

 


3. Selanjutnya kita akan membuat file csr nya yang berisi identitas sertifikat yang kita buat nantinya




4. Lalu buat file crt yang merupakan Sertifikat yang terbentuk dari hasil pergabungan antara file csr dan key yang sudah dibuat tadi dengan menggunakan openssl


5. Kemudian edit file main.cf yang terletak pada direktori  /etc/postfix/

 

6. Lalu masukan script yang sudah saya tandai warna hijau di bagian paling bawah

 
  
7.  Edit file master.cf yang terletak pada direktori /etc/postfix/


8. Uncomment pada ketiga baris dibawah ini yang diberi warna hijau, yang berfungsi untuk mengenable service smtps pada postfix. 

 

9. Selanjutnya kita akn melakukan pengeditan pada file konfigurasi ssl dovecot yang terletak dalam direktori /etc/dovecot/conf.d/

 

10. Pada syntak ssl, atur menjadi yes karena disini kita akan menggunakan SSL pada service IMAPS dan POP3S. Kemudian atur letak file crt dan key yang kita buat pada baris ssl_cert dan ssl_key

 

11. Kemudian tambahkan service pop3s, imaps dan juga port 465 kedalam firewall

   
12. Selanjutnya, restart Service postfix dan dovecot agar konfigurasi yang baru dilakukan dapat berjalan dengan lancar

 

Verifikasi 

1. sekarang kita lakukan verifikasi menggunakan rainloop dan geary sebagai aplikasi clientnya, pertama saya akan konfigurasi rainloop nya 


2. Selanjutnya kita akan mengatur ulang domainnya, caranya dengan mengklik tab domains > klik domain yang telah kita tambahkan sebelumnya yaitu domain ervan.net

 


3. Kemudian ubah pengaturannya secure pada bagian IMAP dan SMTP menjadi SSL / TLS, sedangkan portnya akan berubah dengan sendirinya. Lalu klik test untuk menguji apakah koneksi ke mail server berhasil atau tidak. Kalau tulisan IMAP dan SMTP berubah menjadi hijau, berarti rainloop berhasil terkoneksi dengan mail server. Kalau sudah hijau begini klik update.


4. Selanjutnya kita akan melakukan konfigurasi di mail geary nya tekan ctrl + m untuk masuk kedalam pengaturan akun, setelah itu klik icon "+" untuk menambahkan akun email baru.

 

6. ubah service nya menjadi other, kemudian isikan email address, nama dan nickname kita. Kemudian untuk server IMAP dan SMTP masukkan domain kita pada kolom server, ubah encryption pada bagian IMAP dan SMTP nya menjadi SSL/TLS untuk port dibiarkan secara default saja yaitu port 993 untuk IMAP dan 465 untuk SMTP, karena kita belum menggunakan SSL, masukkan user tanpa menggunakan @domain dan masukkan juga password nya.

 

7.  Terlihat disini kita berhasil menambahkan satu akun email baru yaituervan123@ervan.net

 

8.  Selanjutnya kita akan melakukan pengetesan dengan melakukan pengiriman email dari user ervan123(mail geary) ke user fatha123(rainloop). dengan mengklik icon surat > isikan penerima (to) yaitu fatha123 > isikan subjek dan objek sesuai dengan kemauan kita > klik ctrl + enter untuk mengirim email.

 

9. Untuk melakukan pengecekan apakah email sudah terkirim atau belum maka kita coba login dengan menggunakan user fatha123 dengan menggunakan rainloop.   

 

10. Setelah itu klik tab inbox dan terlihat disini ada email masuk dari m ervan fatha(user ervan123) dengan subjek dan isi yang sama, yang menandakan email berhasil di kirim dan di terima.


  Oke, cukup sekian postingan saya kali ini semoga bermanfaat 

Wassalamualaikum Wr Wb.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

8.16 Konfigurasi https Pada Nginx

macam macam konektor pada psu dan kode warna kabel pada psu

Tutorial Konfigurasi Trixbox Dan Mengakses pada client