Tutorial Membuat domain dan mengaksesnya dari Client(IIS)



Assalamualaikum,

oke bertemu lagi di blog saya , dengan postingan kali ini saya ingin berbagi tentang tutorial membuat domain Dan mengaksesnya dari client. untuk clientnya saya mengunkan windows 10.sliakan di baca,pahami dan mencobanya ok Langsung saja saya berikan tutornya.


langkah pertama  yang dilakukan adalah menambahkan/membuat domain baru.untuk menambahkan/membuat domain yaitu pada DNS manager maka caranya buka Server manager lalu klik Tools dan pilih DNS seperti pada gambar.


setelah itu masuk ke dns manager klik kanan pada forward lookup zones pilih "new zone" 


kemudian tambahkan zone baru klik next



lalu pilih  "to all dns server running on domain controlers in this domain" lalu klik next


masukkan nama zone baru yang ingin ditambahkan lalu jika sudah klik next


pilih yang dibawah ini klik next.


setelah itu cek nama apakah sudah benar jika sudah benar klik finish 


lalu tambahkan host baru pada zone yang tadi kita baru tambahkan klik kanan pilih new host.




lalu masukkan nama host baru dan ip address jika sudah klik add host 


setelah itu kita ke menu tools pilih internet information services (IIS)


setelah itu akan muncul IIS manager klik sites klik default web site lalu klik explore.



Setelah di klik explore akan muncul tampilan dari file explore lokasi folder iis dari web server IIS yang lokasinya pada Local Disk C nama folder inetpub. disini  saya akan mebuat tampilan web dari masing masing domain berbeda ,maka buatlah folder"wwwroot-ervan.com"dan "www.ervan.net yang mana gunanya adalah untuk menyimpan/meletakan file htmlnya dari domain tersebut. untuk nama awalan folder mengikuti dari nama folder default nya yaitu wwwroot kemudian nama selanjutnya disesuaikan dengan nama domainnya masing masing. setelah dibuat foldernya selanjutnya copykan isi yang terdapat dalam folder wwwroot ke folder yang baru di buat tadi.


Selanjutnya adalah menambahkan gambar/membuat gambar yang berbeda kemudian simpan pada masing masing folder domain tersebut.

folder domain www.ervan.com
folder domain www.ervan.net

setelah itu  edit file "iisstart.html"mengunkan notepad.caranya file iisstart.htmlnya open with notepade.
edit file htmlnya yaitu ubah pada bagian img src ubah nama file gambarnya  menjadi nama file gambar yang tadi telah dibuat.yaitu imgnet.jpg untuk domain ervan.com karena nama gambarnya adalah imgnet.jpg .untuk folder domain ervan.net 

ini isi notepad domain ervan.com

ini isi notepad domain ervan.net


kemudian menambahkan website baru untuk tiap domain ,cara menambahkan websitenya pertama buka IIS manager kemudian klik "Nama servernya" lalu klik kanan pada site dan pilih Add Website.


Kemudian akan muncul tampilan window dari Add Website.Lalu isi site namenya dengan nama websitenya ,lalu pyscical path di isikan/arahkan ke folder yang tadi telah dibuat untuk masing masing domain.dan terakhir untuk hostname isikan dengan nama domainnya .apabila sudah bisa klik"OK"


Apabila sudah buat kembali websitnya dengan cara yang sama seting yang sama tetapi sesuaikan dengan domainnya apa bila tadi sudah mebuat yang www.ervan.net maka yang ini www.ervan.com lebih jelasnya bisa perhatikan gambarnya.


sebelum mencoba akses melalui browser,lakukan ping terlabih dahulu untuk masing masing domain apabila sudah reply keduanya maka kedua domain bias di akses melalui browser.


Setelah melakukan ping langsung coba akses domainya melalui browser.seperti pada gambar domain pun dapat di akses dan tampilnya pun berbeda.

tampilan web dari domain www.ervan.com

tampilan web dari domain www.ervan.net

Selanjutnya adalah melakukan pengujian akses domain melalui client.

Sebelum mengakses domainya setting terlebih dahulu ip addresnya pada client (saya menggunakan win 10 untuk client nya) yang harus di perhatikan adalah ip client harus satu network dengan server,kemudain DNS nya adalah windows server.



Setelah setting IP selanjutnya lakukan ping kembali dari client ke masing masing domain.apabia sudah reply maka domain bisa di akses melalui dari browser client.


seblelum membuktikan mengakses melalui browser .aktifkan  terlebih dahulu feature IIS pada client caranya buka control panel kemudian klik "program and Features dan pilih Turn Windows Feature on or Off. Kemudian beri tanda pada Internet Information Server(IIS) kemudian klik Oke.

kemudian coba akses domainya melalui browser si client dan hasilnya pun domain berhasil di akses dan tampilnya pun berbeda .
tampilan web dari www.ervan.net

tampilan web dari www.ervan.com




okee mungkin sekian tutorial dari saya semoga bermanfaat ya , 
maaf apabila ada kesalahan kata-kata dalam tutorial diatas

wassalamualaikum....



Komentar

Postingan populer dari blog ini

8.16 Konfigurasi https Pada Nginx

macam macam konektor pada psu dan kode warna kabel pada psu

Tutorial Konfigurasi Trixbox Dan Mengakses pada client