Tutorial Instalasi FTP pada WIndows Server 2012


Assalamualaikum,,

Haii semua kembali bertemu lagi di blog saya yang insyaallah bermanfaat, kemarin saya sudah sharing tentang tutorial membuat domain dan mengakses domain melalui client. pada materi sebelumnya saya membahas tentang IIS dan sekarang saya akan berbagi lagi dengan materi baru yaitu FTP.

seperti  biasa, sebelum kita ke langkah langkah konfigurasinya saya akan sedikit menjelaskan apa itu FTP ???

FTP (File Transfer Protocol) adalah suatu protokol yang berfungsi untuk pertukaran file dalam suatu jaringan komputer yang mendukung protokol TCP/IP. Dua hal pokok pada FTP yaitu FTP Server dan FTPClient.

sekarang kita lanjut ke langkah langkah konfigurasinya ,,simak baik baik yaa..

langkah awal yaitu anda login ke windows server 2012 dan setelah server manager terbuka klik add roles and features.


selanjutnya kita akan masuk ke instalation type dan pilih role based feature based instalation jika sudah klik next.


Selanjutnya adalah kita memilih server yang akan diinstal/ditambahkan feature/role nah disini jadi kita pilih "select a server from the server pool" maksudnya adalah kita memilih server yang tersedia di kolom bawah  dan sebagai contoh saya ada 1 server yang tersedia, jadi saya memilih itu untuk diinstal/ditambah feature nya Lalu setelah memilih server nya, klik "Next".


selanjutnya kita ke tahap server roles pilih FTP Server yang ada di menu web server IIS, karena pada kali ini saya ingin menginstall FTP pilih / centang pada kotak FTP server.lalu jika sudah klik next.


setelah itu kita ke bagian features pada tahap ini tidak ada yang harus kita pilih biarkan default lalu klik next.



kemudian ke tahap confirmation disini untuk mengkonfirmasi apa saja feature yang ingin kita install lalu klik install.


tunggu hingga proses instalasi selesai.


Selanjutnya kita akan mengatur dan menambahkan Host "ftp" , dan kita harus masuk ke bagian "DNS" , maka klik "tools" dan akan ada sub menu, lalu klik saja "DNS".



tambahkan host untuk FTP ,dengan cara klik kanan pada domain seperti contoh ervan.net lalu klik new host. 



isi nama host dan ip address yang ingin kita gunakan. jika sudah klik add host.


Selanjutnya kita setting IP nya dulu, seperti gambar diatas, dan DNS nya diarahkan ke ip server


selanjnya kita lakukan test koneksi terlebih dahulu , lakukan ping ke "ftp.ervan.net"


selanjutnya untuk mengecek apakah ftp sudah terinstall klik tools pilih IIS 


kita bisa melihatnya di "IIS MANAGER" dan akan ada seperti gambar dibawah ini  jika sudah ada berarti Ftp server sudah terinstall.




okee cukup sekian nantinya saya akan berbagi lebih banyak lagi tentang FTP stay tuned heheh.
maaf apabila ada kesalahan dalam pengetika. (aku juga manusia) heheh 
semoga bermanfaat yaa. '

Wassalamualaikum....

Komentar

Postingan populer dari blog ini

8.16 Konfigurasi https Pada Nginx

macam macam konektor pada psu dan kode warna kabel pada psu

Tutorial Konfigurasi Trixbox Dan Mengakses pada client