Konfigurasi FTP Login Anonymous windows server 2012



Assalamualaikum,

Hai semua bertemu lagi di blog saya , pada kali ini saya akan melanjutkan tentang materi sebelumnya yaitu FTP kemarin saya sudah post tentang tutorial Instalasi FTP windows server 2012. sekarang saya akan melanjutkan materi selanjutnya yaitu konfigurasi FTP login Anonymous windows server 2012.

simak ya langkah langkah konfigurasinya,, 

langkah awal yaitu anda setting IP Address yang ingin digunakan 


kemudian anda klik tools pilih DNS 


Setelah itu kita tambahkan Host nya, caranya klik kanan pada Bagian yang kosongnya, lallu klik "New Host (A Or AAA..."


masukkan nama host baru lalu masukkan IP addres server lalu klik add host.





Sebelum kita  melanjutkan ke tahap selanjutnya, kita lakukan test koneksi terlebih dahulu dengan melakukan ping Ke domain , dan coba ping ke "ftp.domain anda.com" sebagai contoh saya melakukan ping ke "ftp.ervan.net" dan hasilnya reply, berarti sudah terhubung.


 lanjut untuk menambahkan site ftp nya, dan untuk menambahannya itu ada di "iis manager" dan untuk membukanya , klik "tools" lalu klik "internet information services" , 



 buat folder yang akan menjadi destinasi jika anda mengakses FTPnya terlebih dahulu dan biat di disk "C" contahnya seperti gambar diatas



Setelah terbukan IIS manager nya, lalu pilih server, dan akan ada sub menu, klik kanan di "sites" lalu klik "add FTP site" untuk menambahkan alamat FTP nya :3 




isi "FTP site name" atau nama FTP.
dan "physical path" atau folder yang nanti akan muncul saat kita mengakses FTP nya pilih folder yang tadi sudah dibuat dan klik "Next"



Kemudian tahap selanjutnya anda masukkan "IP address nya" dengan ip address Server , dan port nya "21"
dan berikan tannda centang "start FTP site automatically" agar nanti FTP sitenya akan memulai otomatis jika server mulai berjalan/menyala, dan Pilih "no SSL".
Kenapa No SSL ? Kepanjangan dari secure socket layer yang artinya protocol layer transport yang digunakan dalam koneksi secara aman.


Selanjutnya masuk ke bagian "Authentication and Authorization information" dan pada bagian "Authenticaction" nya kita pilih "Anonymous" .
dan pada bagian "Authorization" kita pilih "allow access to:" "Anonymous users", maksudnya adalah nanti yang bisa mengakses ftpnya itu "Anonymous" atau semua orang.
dan bagian "Permission"centang keduanya, kenapa? agar nanti client yang mengakses bisa mengedit isi dari FTP jika anda ingin client hanya bisa melihat isinya saja, sobat pilih "read" dan yang "write" tidak perlu di beri tanda centang.



setelah itu sitesnya akan bertambah pilih yang berawalan ftp. 
setelah itu cek di FTP Authentication, terlihat bahwa anonymous nya enable karena kita telah aktifkan tadi.



Setelah itu coba cek "FTP authorization rules" nya, dan disitu yang di "Allow" adalah "anonymous user "






Kemudian buka file explorer, dan akses "ftp.ervan.net" dan tambahkan folder di dalam FTP nya, dan hasilnya akan seperti gambar dibawah  



Kemudian coba kita akses "ftp.ervan.net" melalui Internet explorer , dan hasilnya akan sepeti gambar diatas, dan akan muncul nama folder yang tadi sudah dibuat 


setelah kita coba buka di internet explorer tadi, sekarang kita coba buka ftp nya melalui cmd dengan cara ketil "ftp.ftp.ervan.net" pada user ketik anonymous, jika diminta password langsung klik enter saja lalu kita coba buka folder apa saja yang ada di ftp tersebut dengan cara ketik "dir" akan terlihat ada file apa saja, lalu saya mencoba buat file baru dengan cara mkdir seperti gambar dibawah. 


dan sekarang saya akan menambahkan file txt ke ftp, dan disini saya menambahkan file txt nya di disk "C:" .


Dan setelah itu, ketik perintah "put C:\ervan.txt" dan akan melakukan proses transfer sebentar,dan coba check menggunakan perintah "Dir" dan akan bertambah 1 file txt nya di ftp 


verifikasi di Client/ mengakses FTP melalui CLient 



sebelum mengakses ftp lewat client pastikan DNS nya itu menggunakan IP server .

setelah kita setting ip nya kita coba tes koneksi nya dengan cara ping "ping ftp.ervan.net" jika sudah reply berarti sudah terkoneksi.


Selanjutnya adalah melakukan test mengakses ftp melalui filezilla di client buka dahulu filezillanya, dan untuk mengakses ftp,isi pada bagian "Host,username,password,dan port" 



setelah itu akan ada dibagian form bawah yang berisi file yang di sebelah kiri itu ,local atau yanga ada di pc anda sedangkan yang di sebelah kanan itu adalah folder yang ada pada FTP.


Setelah itu kita mengakses melalui "file explorer" dengan menggunakan alamat "ftp.ervan.net" lalu hasilnya akan muncul folder yang ada di dalam ftp nya dan disini saya menambahkan folder "ervan file 3" dan hasilnya foldernya akan terletak di ftp nya.


hasilnya seperti dibawah ini foldernya bertambah satu yaitu"ervan file 3" yang tadi saya tambahkan.

selanjutnya adalah mengakses ftp menggunakan CMD , dan cara mengaksesnya pun dengan perintah "ftp ftp.ervan.net" dan jika diminta usernamenya isi saja dengan "anonymous" dan passwordnya kosongkan saja dan untuk cek folder ataupun file  yang ada di ftp nya menggunaakn perintah "dir"


Kemudian saya akan menambahkan folder di ftp untuk menambahkan folder di ftp, menggunakan perintah "mkdir (namafolder)
dan folder akan sukses dibuat, dan coba check menggunakan perintah "dir" dan akan terbuat.

 



Okee ,mungkin cukup sekian untuk post kali ini semoga bermanfaat ya ,mohon maaf apabila ada kesalahan ,boleh coment kok ;)

sekian terima kasih.

Wassalamualaikum,

Komentar

Postingan populer dari blog ini

8.16 Konfigurasi https Pada Nginx

macam macam konektor pada psu dan kode warna kabel pada psu

Tutorial Konfigurasi Trixbox Dan Mengakses pada client