Proses pertukaran informasi pada perintah PING

pada kali ini, saya ingin berbagi informasi tentang proses pertukaran informasi pada perintah ping sebuah pc ke pc lainnya, pada proses pertukaran informasi ini akan terjadi jika semua piranti terhubung maka akan terjadinya saling pertukaran paket(informasi).
sebelumnya kita harus membuat topologi nya terlebih dahulu.sehingga seluruh piranti akan terhubung.


pertama, pilih switch, pc dan sambungkan kabel dari switch ke masing-masing pc,





lalu, beri ip pada switch yang digunakan untuk jaringan tersebut.

jika semua sudah terhubung maka akan jadi seperti dibawah ini:

Pada gambar diatas, pada link masih ada lingkaran berwarna merah pada vpcs yang bertanda bahwa vpcs masih belum aktif atau belum diaktifkan. Untuk mengaktifkan perangkat tersebut, klik start. Setelah semuanya berwarna hijau, lalu buka vpcs lewat console.


setelah semua vpcs terbuka masukan ip addres pada vpcs,

setelah ip sudah di atur masing masing, lalu tes dengan melakukan ping antar pc untuk mengetahui apakah pc sudah terhubung atau belum.



setelah ping berhasil lalu lakukan capture packet untuk melewati masing-masing vpcs . untuk capture packet lakukan klik kanan pada switch lalu klik capture.


lalu akan ada aplikasi wireshark untuk melakukan proses capture data.

Kemudian akan muncul pilihan seperti dibawah ini. Port yang dimaksud adalah port physical yang ada pada switch. Pada topologi yang saya buat, port 1 terhubung ke vpcs 1, port 2 terhubung ke vpcs 2, port 3 terhubung ke vpcs 3, dan port 4 terhubung dengan vpcs 4. Karena kita akan melihat packet apa saja yang terkirim kepada semua pc, maka kita buka semuanya.  Lalu akan ada muncul aplikasi wireshark yang mendukung proses capture data. 



setelah itu kita akan melakukan ping kepada pc lain dengan perintah ping:
  • PC 1>PC 3
  • PC 2>PC 4
  • PC 4>PC 1
  • PC 2>PC 3



















pada kotak berwarna (orange) merupakan packet ARP ,Packet ARP didapatkan karena untuk mencari alamat mac address yang di ping. Jika sebuah pc melakukan ping maka ia akan membroadcast kepada seluruh pc yang ada pada jaringan lokal dan masing masing pc akan mendapatkan broadcast yang sama.

lalu pada kotak hijau itu merupakan packet ARP juga namun fungsinya bukan untuk membroadcast namun untuk mengirim informasi.


Pada kotak merah diatas, merupakan isi packet. Pada gambar pertama merupakan packet ICMP dan pada packet kedua merupakan packet ARP. Hal ini menunjukkan perbedaan dari packet ARP dan ICMP. Pada proses ping, Packet ARP hanya mengenal mac address dari pc yang ada pada jaringan lokal dan pada packet ICMP, pc sudah mulai mengenali pc lainnya dengan IPv4.





















Komentar

Postingan populer dari blog ini

8.16 Konfigurasi https Pada Nginx

macam macam konektor pada psu dan kode warna kabel pada psu

Tutorial Konfigurasi Trixbox Dan Mengakses pada client